728x90 AdSpace

Followers

Followers

Latest News
Adasapta. Powered by Blogger.
Saturday, November 19, 2016

7 Suku yang Belum Terjamah Manusia

Jumlah suku di dunia sangatlah banyak, Indonesia sendiri memiliki lebih dari 740 suku atau etnis dan menjadi bangsa dengan suku terbanyak di dunia. Suku suku yang ada di belahan dunia tersebut sudah diketahui dan bisa didatangi oleh warga luar, namun masih ada juga suku terasing yang tidak bisa atau tidak mau di datangi olehorang lain selain warga sukunya. Bahkan masih ada suku terasing yang masih tinggal di beberapa daerah yang paling terisolasi di dunia dan para anggota sukunya ini masih mempertahankan tradisi lama berumur ribuan tahun. Inilah 7 suku yang belum terjamah manusia modern.

1. Suku Mashco Piro di Peru

Suku ini disebut juga suku peruvian berada di dekat taman nasional peru di wilayah tenggara Peru. Selama ini diketahui suku mascho piro sangat jarang bersentuhan dengan dunia luar, bahkan pemerintah peru yang sempat mencari keberadaan suku ini pun tidak mampu menemukan keberadaannya, namun tahun 2012 silam kelompok yang menamakan dirinya Survival International berhasil merilis foto foto suku mascho piro yang sangat terisolasi. suku mascho piro akan melakukan tindakan kekerasan jika ada orang asing yang mendekati wilayah mereka.

2. Suku The Jackson White di Amerika serikat

Selama tahun 1700an para pemukim dari eropa membentuk kolonialisasi di pantai timur amerika utara. Pada masa itu hampir setiap suku yang berada diantara samudera atlantik hingga  sungai missisipi telah masuk kedalam daftarmasyarakat yang dikenal.namun hanya satu suku saja yang tidak dikenal yaitu suku the jackson white. namun pertanyaan yang paling membingungkan tentang suku the jackson white yang misterius ini bukanlah siapa mereka tapi darimana asal usul legenda mereka. Sejak tahun 1790an  sebuah suku yang sebelumnya belum pernah dikenal ini tinggal di hutan yang hanya terpaut jarak 56 km dari New York City. Entah bagaimana suku ini bisa menghindari kontak dari orang lain, padahal beberapa pertemburan terbesar dalam sejarah Amerika serikat yaitu perang tujuh tahun dan perang evolusi terjadi tak jauh dari lokasi tersebut. Suku ini dikenal karena memiliki warna kulit seperti bangsa eropa. saat ini mereka mulai memiliki hubungan dengan dunia luar, namun tetap hidup dengan sederhana.

3. Suku Ruc di Vietnam

Sebuah suku di Vietnam mulai terlihat pertama kalinya pada saat terjadinya perang antara vietnam dengan Amerika Serikat sekitar tahun 1957 - 1975. Sebelumya suku ruc tinggal di sebuah gua yang ada di propinsi kauntan timur, vietnam. Saat ini sebagian suku memilih bermikim di pemukiaman yang disediakan pemerintah dikarenakan hutan yang mereka tinggali mengalami kerusakan yang parah, namun mereka tetap mempertahankan gaya hidup dan adat mereka.

4. Suku Yahi, Penduduk Amerika Serikat Terakhir

pada tahun 1911 penduduk asli Amerika yang terakhir merasa terganggu oleh pemukim yang berada di wilayahnya. Penduduk asli ini berjalan keluar dari hutan kalifornia dengan berpakaian khas sukunya, tidak lama dia ditangkap oleh polisi yang sebelumnya tertegun melihatnya. Stelah diinterogasi polisi dengan bantuan penerjemah dari perguruan tinggi setempat diketehui bahwa dia adalah salah satu anggota dari suku Yahi.

5. Suku pedalaman Brazil

Untuk alasan pengendalian populasi pemerintah brazil mencoba mencari tahu berapa banyak penduduk yang tinggal di daerah yang terisolasi di pedalaman hutan Amazon menggunakan pesawat yang dilengkapi perangkat kamera, namun usaha pemerintah tidak mendapatkan apa - apa kecuali pada tahun 2007. Ketika pemerintah berhasil menangkap sebuah gambar, tiba tiba diserang oleh sebuah suku. diperkirakan saat ini sekitar 84 suku yang hidup di hutan amazon, salah satu yang dikenal adalah suku awa yang hanya menyisakan anggota 450 orang. Karena eksploitasi hutan suku suku ini sangat rentan mendapatkan kekerasan dari pihak luar.

6.  Suku Pintupi di Australia

Sebuah suku ditemukan secara tidak sengaja di Australia pada tahun 1984 ketika 9 orang dari suku tersebut menemukan pemukiman di australia barat.

7. Suku Sentinel India

Pulau bernama Sentinel tampak seperti surga tropis namun ternyata pulau in dianggap sebagai salah satu pulau yang paling sulit dikunjungi manusia. pulau ini dihuni oleh penduduk asli selama kurang lebih 60.000 tahun, selama itu pula suku sentinel menolak modernisasi dan menanggapi dengan kekerasan, bahkan suku sentinel sudah dua kali membunuh orang pada 2006 ketika ada orang mencari ikan di pulau sentinel sebelah utara, selain itu mereka juga melempari batu, memanah pesawat yang mencoba terbang rendah untuk memantau wilayah sentinel. Pemerintah India melarang orang orang mendekati pulau tersebut dan mengilegalkan bagi ssiapa saja yang mencoba mendekati dengan jarak 3 mil atau 5 km.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: 7 Suku yang Belum Terjamah Manusia Rating: 5 Reviewed By: Kakang Prabu