728x90 AdSpace

Followers

Followers

Latest News
Adasapta. Powered by Blogger.
Thursday, January 19, 2017

Mana Yang Paling Berkesan SD, SMP atau SMA? Ini Bedanya

Ada orang yang bilang, SMA itu masa yang dirindukan, Saat SMP itu tidak terlupakan, ada juga orang yang bilang jaman SD itu yang paling menyenangkan, terus mana yang paling berkesan diantara ketiganya?

Jaman SD



Pendidikan
Bisa dibilang apa yang dipelajari selama 6 tahun di SD adalah ilmu - ilmu yang sangat penting dan berguna bagi kehidupan sampai kapanpun, seperti membaca, menulis dan menghitung.
Persahabatan
Persahabatan jaman SD biasanya tidak bertahan lama. Karena seiring bertambahnya usia, kepribadian  berubah drastis. Sehingga ketika ikut reunu SD, biasanya akan bingung harus membicarakan apa. Seolah tidak kenal satu sama lain karena yang dulu berbeda jauh dengan yang sekarang.
Biasanya kita hanya rindu pada momen - momen SD, bukan pada teman - teman SD. Ketika melihat foto diri kita yang masih SD, terkadang kita iri dengan kita di masa itu, betapa bahagianya di masa itu.

Jaman SMP



Pendidikan
Apa yang dipelajari selama 3 tahun mulai kurang aplikatif bila dibandingkan dengan apa yang dipelajari di SD. Ilmu yang didapat cenderung teoritis dan mudah dilupakan. Karena itu, gairanh belaajar mulai berkurang.
Persahabatan
Dimasa SMP kita sedang nakal - nakalnya, karena sedang mengalami masa pubertas. Persahabatan di jaman SMP sangat beragam bagi setiap orang. Sebagian bisa langgeng karena ikatan yang terjalin ketika sama - sama melakukan kenakalan dan beranjak dewasa, namun sebagian tidak bertahan lama biasanya karena pertengkaran remaja yang membuat ikatan menjadi renggang untuk selamanya.  yang paling berkesan di masa ini tentunya adalah kenakalan - kenakalan yang ketika masa SD masih dibilang tabu kini mulai berani dilakukan.

Jaman SMA



Pendidikan
Dalam hal akademis, pencapaian di SMA sangat penting karena menentukan universitas mana kita akan berlabuh. Namun sayang, banyak orang yang justru gairah belajarnya semakin habis di masa SMA. Secara teknis banyak hal yang tidak penting dan tidak aplikatif yang terpaksa harus dikuasai selama 3 tahun menimba ilmu di SMA.
Persahabatan
Persahabatan di SMA adalah persahabatan yang pasti bertahan sampai kapanpun juga. Sebab di usia inilah diri kita yang asli mulai terbentuk. Diri kita ketika SMA adalah diri kita yang akan kita bawa sampai mati. Itulah alasan kenapa persahabatan di masa SMA lebih bertahan lama. Bukan saja persahabatan, percintaan di masa SMA juga tidak akan mungkin tergantikan.

Jadi lebih berkesan yang mana?
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

2 komentar:

  1. Masa yang paling nggak aku suka (susahnya lagi masih sering ingat) justru di SD mas, soalnya waktu SD aku sering di bully. Alhamdulilah tidak berlanjut di SMP dan SMK, soalnya aku memang sengaja memilih sekolah yang jauh dari teman-teman SD

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti sekarang jadi kenangan yang berkesan mas....

      Delete

Item Reviewed: Mana Yang Paling Berkesan SD, SMP atau SMA? Ini Bedanya Rating: 5 Reviewed By: Kakang Prabu